Beranda

Senin, 10 Mei 2010

Mikroskop


Mikroskop adalah alat optik yang sangat penting dalam aktivitas Biologi terutama di bidang Mikrobiologi. Dengan mikroskop akan diperoleh perbesaran pandangan sehingga memungkinkan untuk melihat mikroorganisme atau benda-benda sangat kecil yang tidak tampak dengan mata secara Iangsung/biasa. Ada dua jenis mikroskop yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.
Mikroskop cahaya adalah mikroskop yang mengunakan sistem lensa optis, terdiri dan mikroskop medan terang, medan gelap, fluoresensi, dan kontras fase. Sedangkan mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai pengganti gelombang cahaya untuk memperoleh bayangan yang jauh lebih besar sampai beberapa ribu kali.

Komponen-komponen mikroskop
Komponen mikroskop dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu bagian optik dan bagian mekanik.

Bagian optik yaitu:
1. Lensa okuler
Terletak di atas tubus, dekat dengan mata. Biasanya mempunyai perbesaran 4x, 8x, lOx, 12,5x, 15x, dan 16x. Ada beberapa tipe mikroskop siswa yang lensanya tidak dapat dilepas dan tubus sedangkan pada mikroskop lanjutan dapat dilepas sehingga tidak boleh membawa mikroskop miring atau terbalik. Pada mikroskop biasa, lensa okuler ini ada 1, tipe binokuler mempunyai 2, dan trinokuler mempunyai 3, sehingga ada tipe mikroskop yang bisa dilihat oleh 2 orang sekaligus. Ada lensa okuler yang dilengkapi dengan jarum penunjuk (tampak berupa garis hitam) yang berfungsi untuk menunjukkanobjektertentu padasediaan.

2. Lensa objektif
Terletak di bawah tubus, dekat dengan objek. Biasanya mempunyai perbesaran 4x, lOx, 40x, dan lOOx. Pembesaran lOx untuk mencari bayangan disebut pembesaran Iemah dan pembesaran 40x disebut pembesaran kuat. Sedangkan pembesaran 1 OOx untuk melihat mikroorganisme dengan dibantu minyak imersi. Lensa objektif dipasang pada revolveryang dapatdiputar-putar.

3. Diafragma
Berfungsi untuk mengatur besar kecilnya lubang yang dilalui cahaya dengan menggunakan tuas. Diafragma mengaturjumlah cahaya yang masuk.

4. Kondensor
Terletak di bawah meja sediaan yang terdiri dan dua set lensa. Berfungsi untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya yang masuk dan sumber cahaya ke dalam sistem lensa. Posisinya dapat dinaik-turunkan.

5. Cermin
Terletak di bawah meja sediaan, terdiri dan dua jenis kaca yaitu cermin datar dan cermin cekung pada sisi Iainnya. Berfungsi untuk menangkap cahaya dan memantulkan cahaya melalui diafragma, kondensor, dan sediaan. Cermin datar digunakan bila keadaan sekeliling cukup terang dan cermin cekung digunakan bila keadaan kurang terang. Sumber cahaya dapat dan sinar matahari atau lampu tetapi tidak boleh menangkap sinar matahari Iangsung karena dapat menyilaukan mata. Cermin dapatdiputar ke segala arah.

6. Kaca filter
Berupa kaca berwarna biru, hijau, kuning, atau putih yang dipasang di bawah lensa kondensor atau di atas cermin. Berfungsi untuk mengurangi silau, menegaskan batas-batas objek pada sediaan, dan mengurangi panas bila menggunakan sinar lampu.

Bagian mekanik yaitu:

7. Revolver
Tempat kedudukan lensa objektif yang dapatdiputar-putar.

8. Tubus
Tempat terpasangnya lensa okuler dan objektif. Posisinya dapat tegak atau miring dan dapat dinaik-turunkan. Tubus yang miring mempunyai prisma yang dapat membelokkan cahaya.

9. Statif
Berupa penghubung antara kaki dan tubus. Beberapa tipe memungkinkan statif mi dibengkokkan atau dimiringkan karena memiliki engsel, tetapi jika sedang mengamati sediaan basah atau menggunakan minyak imersi tidak boleh dimiringkan supaya cairan tidak mengalir membasahi bagian lain dan mikroskop.

10. Makrometer/pengatur fokus kasar
Berupa sekrup besar yang berfungsi untuk mengatur naik-turunnya tubus secara cepat.

11. Mikrometer/pengatur fokus halus
Berupa sekrup kecil yang berfungsi untuk mengatur jarak antara lensa objektif dan sediaan secara perlahan. Kedudukannya dapat terpisah dengan makrometer atau bersatu.

12. Meja sediaan/stage
Berfungsi untuk meletakkan sediaan atau objek dengan lubang di tengahnya untuk jalan masuknya cahaya ke arah sediaan. Dilengkapi dengan penjepit sediaan di kin dan kanan pada mikroskop siswa atau dapat diganti dengan penggerak sediaan atau mechanical stage pada mikroskop lanjutan.

13. Penggerak sediaan
Alat tambahan mi biasanya ada pada mikroskop lanjutan. Terdapat ulir penggeraknya di samping meja atau di bawah meja sediaan sehingga sediaan dapat digeser ke kin, kanan, depan, dan belakang. Dilengkapi dengan koordinat sehingga memudahkan untuk menandai objek tertentu pada sediaan.

14. Pengatur kondensor
Berfungsi untuk mengatur naik-turunnya kondensor.

15. Kaki/alas
Berfungsi untuk menahan agar mikroskop dapat berdiri tegak. Dapat berbentuk persegi, tapal kuda, atau bentuk lain. Ada tipe yang memungkinkan kaki diputar sehingga posisi mikroskop menjadi miring.

Penanganan dan Pemeliharaan Mikroskop

1. Bawalah mikroskop dalam posisi tegak dengan dua tangan, yaitu dengan memegang statif dengan satu tangan dan menyangga alas dengan tangan yang lainnya.
2. Bersihkan selalu dasar dan tubuh mikroskop dan debu dengan menggunakan peniup lalu gunakan kuas yang berbulu halus. Debu di bagian mekanik dibersihkan dengan kain lembut. Bagian yang bergesekan dan tidak dicat harus dilumasi secukupnya dengan oh agartidak berkarat.
3. Hindarkan mikroskopdari benturan.
4. Setelah dipakai, bersihkan lensa objektif dan minyak imensi dengan kain yang lembut atau kentas khusus pembersih lensa yang telah diberi xilol.
5. Jangan menyentuh lensa dengan tangan.
6. Jangan melepaskan lensa objektif untuk membensihkannya.
7. Jangan memiringkan miknoskop bila bekenja dengan minyak imersi supaya minyak tidak mengahir ke tempat lain.
8. Jangan menyetel mikroskop secara paksa.
9. Jangan menukan lensa objektifatau lensa okulen dan miknoskop lain.
10. Bensihkan lensa okulen dengan menyeka lensa okulen dengan kertas halus yang dibasahi dengan akuades.
11. Pasanglah lensa objektif benkekuatan yang paling nendah bila mikroskop sedang tidak di pergunakan.
12. Tutuplah mikroskop dengan tutup plastik yang tersedia setelah selesai dipakai. Kemudian simpanlah dalam lemari yang kering atau kelembabannya rendah. Lemari dapatdilengkapi dengan penyerap kelembaban (silica gel) atau dipasang lampu

2 komentar:

  1. Wee , makasi yak . buat tugas biologiku nee

    BalasHapus
  2. Sekolah kami baru mendapat bantuan dak salah satunya mikroskop elektron, tetapi kami belum mendapat sosialisasi tentang cara penggunaan alat tsb. Dalam paket tersebut ada seperti kabel yang ujungnya terdapat bola lampu kecil, mohon infonya apa kegunaan dari kabel tsb, apakah sbg pembantu cahaya atau apalah... trims atas ilmunya..

    BalasHapus